OLEH : SINSHE FUDIN PANG "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 30 Maret 2010

Pengobatan Tradisional mampu Mengobati Penyakit Berat

Mengapa pengobatan alternatif yang kulihat selalu mengaku2 bisa menyembuhkan penyakit ini dan itu, khususnya penyakit yang berat2 seperti hepatitis, AIDS, kanker, dan semua penyakit2 berat yang dapat terpikirkan.. tanpa adanya angka keberhasilan dan angka kegagalan..? (forumsains.com)

Jb. Mengenai pengobatan tradisional dijadikan sebagai terapi alternatif karena terapi ini dapat bekerja dan saling mendukung dalam proses penyembuhan di samping pengobatan dari kedokteraan.

Pengobatan saat ini terdiri dari dua, yaitu pengobatan dari timur dan pengobatan dari barat.. pengobatan dari timur terdiri dari pengobatan akupunktur, pengobatan refleksi, kerok, pijat, ramuan obat obatan dan terapi-terapi lainnya yang tentunya masuk akal dan tidak mengunakan alat magis sekali pun.

Saat ini, memang pengobatan timur lebih terkenal yang berasal dari negara RRC dibandingkan pengobatan tradisional dari negara Indonesia sendiri, namun ada beberapa kesamaan dari pengobatan timur yang berasal dari Cina dan Indonesia seperti terapi kop (bekam), sinar, kerok maupun terapi pijat.. ramuan obat-obatan yang sangat manjur untuk kanker memang masih terdapat di Indonesia sendiri seperti mahkota dewa dan daun dewa dan sebagainya.

Namun kini pengobatan tradisional Cina yang sangat terkenal di zaman dahulu kala yang sering digunakan oleh para kaisar dan pengobatan ini ditemukan oleh pakar dan teori dari laotze atau taoisme yaitu pengobatan akupunktur.. saat ini telah diakui dunia akan khasiat pengobatan yaitu WHO dan di Indonesia sendiri sudah ada persatuan Akupunkturis Seluruh Indonesia (PAKSI) yang telah disahkan oleh Pemerintah dan mampu membuka sekolah tinggi akupunktur dan spesialis akupunktur bagi jurusan kedokteran. Di medan sendiri juga sudah ada spesialis akupunktur bagi dunia kedokteran yaitu di UISU.

Sedikit penjelasan saya mengenai pengobatan alternatif atau tradisional, bahkan ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa terapi akupunktur atau kop tidak bisa dijadikan terapi alternatif lagi tetapi terapi yang utama.

Cara kerja setiap pengobatan alternatif memang berbeda beda dan tergantung oleh jenis penyakit. salah satu penyakit pegal dan sakit bisa diobati dengan terapi pijat atau kop badan atau kerok, dsb.

untuk penyakit dalam bisa diobati dengan terapi akupunktur.. terapi akupunktur mempunyai 365 titik yang dapat mengobati segala jenis penyakit dan terbukti akan khasiatnya sehingga diakui. namun jika kita meneliti titik titik itu dari dunia medis. maka tidak akan ditemukan karena penemuan titik akupunktur itu adalah berdasarkan penelitian dan penemuan pada zaman dahulu kala dan dan boleh dibilang sebagai penemuan dari dewa.. begitu juga terapi refleksi yang mempunyai titik titik di kaki yang berhubungan dengan organ tubuh yang mampu mengobati penyakit. namun diteliti secara klinis. maka tidak dapat diterima secara logika karena penemuan atas titik titik tersebut berada di kaki tidak dapat dilihat dan diteliti seperti kedokteran barat yang mempunyai alat klinis sedangkan pengobatan tradisional tersebut hanya ditemukan oleh zaman dahulu dan kita belajar untuk mengikutinya karena memang terdadap hasil kesembuhannya.

Mengenai penyakit yang ringan dan berat memang sering diakui oleh seorang sinshe pengobatan tradisional dapat menyembuhkannya, karena mereka akan berfokus pada titik-titik syarat atau aliran darah yang menghambat masuknya ke organ tersebut atau adanya darah yang tersumbat, itu dapat diraba oleh seorang sinshe.. terapi yang paling muktahir dan dapat menyembuhkan dan cukup ajaib adalah terapi refleksi yang mampu mengobati berbagai penyakit yang berat sekali pun namun harus cepat pengobatannya seperti penyakit kanker, jika sudah sampai pada stadium keempat maka penyakit tersebut memang sudah sulit diobati karena sudah komplikasi.

Angka keberhasilan dan angka kegagalan semua tergantung oleh pasien yang merasakan dan mempercayainya.. sebuah pengobatan itu sangat tergantung oleh kepercayaan dari pasien tersebut dan hasil yang ia rasakan.begitu dengan seorang dokter apakah ia bisa memperdiksi bahwa seseorang itu akan sembuh dalam bulan yang telah ditetapkan. jika seorang dokter berani untuk memberikan kepastian akan kesembuhan maka dia telah melanggar kode etik kedokteran. itu kata teman saya yang belajar dokter. seorang sinshe hanya dapat membantu mengobati seseorang berdsarkan pengalaman dan buku yang dipelajari tanpa adanya campur tangan dari dunia magis.. namun ada juga yang mengunakan dunia magis untuk mengobati penyakit orang lain dan mengaku sebagai seorang sinshe tanpa adanya surat belajar atau sertifikat belajar dari manapun atau dikatakan sebagai keturunan dari nenek moyang... Banyak sekali pengobatan alternatif yang berasal dari keturunan seperti dukun dukun yang katanya dapat mengobati penyakit.. namun saat ini pemerintah sudah menerapkan peraturan bahwa seorang sinshe harus mempunyai sertifikat belajar untuk dapat membuka praktek sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar