OLEH : SINSHE FUDIN PANG "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Jumat, 10 Oktober 2014

Hipnoterapi menyembuhkan Baby Blues Syndrome (Depresi Pasca Melahirkan)

Untuk anda yang sudah menjadi seorang ibu atau akan menjadi seorang ibu, istilah baby blues syndrome sepertinya sudah sangat akrab di telinga anda. Mungkin beberapa dari anda pernah mengalami tersebut. Baby blues syndrome atau biasa disebut post partus blues adalah gangguan emosi ringan yang biasanya terjadi dalam kurun waktu 2 minggu setelah melahirkan. Istilah “blues” ini mengacu kepada arti “keadaan tertekan atau depresi”.

Penderita dari penyakit ini cukup banyak, hapir 50% wanita yang baru menjadi ibu pernah mengalami gangguan baby blues syndrome. Gejala yang paling sering ditampakkan pada keadaan ini adalah gejala-gejala gangguan emosi seperti sering menangis atau mudah marah. Akan tetapi banyak orang-orang di sekitar ibu tersebut tidak menyadari hal tersebut dan malah menambah tekanan bagi ibu tersebut.

 Penyebab Baby Blue Syndrome : 

Beberapa hal yang disebutkan sebagai penyebab terjadinya baby blues syndrome, diantaranya:
  1. Perubahan hormonal. Pasca melahirkan terjadi penurunan kadar estrogen dan progesterone yang drastis, dan juga disertai penurunan kadar hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid yang menyebabkan mudah lelah, penurunan mood, dan perasaan tertekan.
  2. Fisik. Hadirnya si kecil dalam keluarga menyebabkan pula perubahan ritme kehidupan sosial dalam keluarga, terutama ibu. Mengasuh si kecil sepanjang siang dan malam sangat menguras energi ibu, menyebabkan berkurangnya waktu istirahat, sehingga terjadi penurunan ketahanan dalam menghadapi masalah.
  3. Psikis. Kecemasan terhadap berbagai hal, seperti ketidakmampuan dalam mengurus si kecil, ketidak mampuan mengatasi dalam berbagai permasalahan, rasa tidak percaya diri karena perubahan bentuk tubuh dari sebelum hamil serta kurangnya perhatian keluarga terutama suami ikut mempengaruhi terjadinya depresi.
  4. Sosial. Perubahan gaya hidup dengan peran sebagai ibu baru butuh adaptasi. Rasa keterikatan yang sangat pada si kecil dan rasa dijauhi oleh lingkungan juga berperan dalam depresi.
Gejala

Gejala biasanya bervariasi dari derajat ringan hingga berat. Adapun gejala yang biasanya muncul antara lain:
  1. Perasaan cemas yang berlebihan, sedih, murung, dan sering menangis.
  2. Seringkali merasa kelelahan dan sakit kepala.
  3. Perasaan ketidakmampuan, misalnya dalam mengurus si kecil.
Seringkali  ibu yang pada awalnya mengalami baby blues syndrome kemudian berkembang menjadi lebih lama dan lebih berat intensitasnya. Apabila gejala yang terjadi telah mengganggu dalam melaksanakan tugas sehari-hari maka termasuk dalam kategori depresi pasca melahirkan, biasanya lebih sering terjadi pada wanita dengan riwayat depresi sebelumnya. Depresi pasca melahirkan disertai dengan tanda-tanda:
  1. Kelelahan yang berkepanjangan, susah tidur, dan insomnia.
  2. Hilangnya perasaan bahagia dan minat untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan.
  3. Tidak memperhatikan diri sendiri dan menarik diri dari keluarga dan teman.
  4. Tidak memperhatikan atau bahkan perhatian yang berlebihan pada si kecil.
  5. Perasaan takut telah menyakiti si kecil.
  6. Tidak tertarik pada seks.
  7. Perasaan berubah-ubah dengan ekstrim, terganggu proses berpikir dan konsentrasi.
Cara mengobati Baby Blus Syndrome

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

Terapi Akupunktur 

Penderita baby blues syndrome seringkali mengeluhkan perasaan tidak nyaman, berdebar-debar, susah nafas, cemas sampai perasaan ingin bunuh diri. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan menyakitkan. Akupunktur bisa membantu memperbaiki syaraf otak yang terganggu sekaligus memberikan efek yang positif pada tubuh pasien.

 Hipnoterapi 

Hipnoterapi bertujuan untuk membantu pasien menghilangkan gangguan ilusi pada pikiran dan membentuk kembali kepercayaan diri dan mengangkat alam bawah sadar yang negatif menuju ke alam kesadaran dan pemberian sugesti baik untuk memperbaiki kondisi penyakit baby blues.

Pengobatan "Accurate" Health Center adalah pengobatan akupunktur dan psikologis yang aman, tanpa menggunakan obat-obatan kimia dan tanpa efek samping.

Hubungi Accurate Health Center Medan untuk penanganan masalah sakit Baby Blues Syndrome

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : Http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar