OLEH : SINSHE FUDIN PANG "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Selasa, 24 April 2012

Terapi Gagap Bicara di Depan Umum

Tak semua orang yang saat ini berhasil menjadi pembicara atau pelaku presentasi di muka umum adalah orang yang terlahir dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Sebagian dari mereka juga kerap dilanda “demam panggung” ketika harus menjadi pusat perhatian di dalam suatu komunitas.

Ya, demam panggung memang bisa melanda siapa saja. Tak hanya seorang public speaker, karyawan biasa yang pada suatu ketika harus mengajukan usul dalam ruang rapat sekalipun bisa saja terserang demam panggung.

Ketika giliran harus menyuarakan pendapat, tiba-tiba hilang seluruh keberanian berikut rangkaian kata yang sudah disusun rapi dalam benak. Atau, saat harus menjelaskan usulan yang sedang dibahas, Anda kehilangan speech control. Bicara pun jadi tak fokus dan terkesan tak berujung pangkal.

Pada umumnya, seseorang yang belum biasa berbicara di depan orang banyak akan gugup, gemetar, berkeringat dingin, gagap, tegang, sakit perut (mulas), salah tingkah, demam panggung yang bisa disebut sebagai kecemasan berbicara di depan umum.

Gagap adalah gangguan bicara atau kesalahan dalam ucapan dengan cara mengulang-ulang bunyi, suku kata atau kata, atau pengulangan konsonan dan suku kata secara spasmodic (terjadi pengejaan).

Efek Gagap
Efek gagap secara fisik mungkin tidak bergitu berpengaruh namun secara psikologis mereka biasanya minder dan malu memiliki kekurangan dalam hal berbicara di depan umum. Mereka mungkin akan menjadi pendiam dan hanya bicara ke orang-orang yang dekat saja. Rasa tidak percaya diri selalu ada terus-menerus dan mungkin ada rasa putus asa jika penderita gagap dikucilkan dan selalu dicemohkan orang yang berada di sekitarnya.
Penyebab Gagap
Gagap bisa disebabkan oleh faktor fisik maupun psikologis. Penyebab fisik yaitu kemungkinan berasal dari keturunan yang menyebabkan ketidaksempurnaan secara fisik seperti gangguan pada syaraf bicara, gangguan alat bicara, keterbatasan lidah. Penyebab psikologis yaitu ketegangan yang berasal dari reaksi seseorang terhadap lingkungannya (orang tua, teman, dll), karena gangguan emosi, hingga stress mental karena sesuatu yang dirasakan tidak dapat dilakukannya.
Pada gangguan bicara ini secara tak terkontrol sering terjadi pengulangan, pemanjangan kata/suku kata, penghentian (silent block), kadang didapatkan  juga ketegangan yang berlebihan pada muka, tenggorokan serta rasa takut selama bicara. Kadang timbul suara nafas yang tidak biasa atau seperti memerlukan perjuangan untuk mengeluarkan kata.
 Pengobatan
Hipnoterapi Gagap Bicara di depan umum
Hypnosis secara perlahan telah menunjukkan keberadaannya seiring dengan semakin meningkatnya penerimaan pada dunia medis. Hypnosis banyak digunakan dibidang seperti pengobatan untuk mengubah mekanisme otak manusia dalam menginterprestasikan pengalaman dan menghasilkan perubahan pada persepsi dan tingkah laku. Aplikasi hypnosis untuk tujuan perbaikan (therapeutic) dikenal sebagai hypnotherapy.

Hipnotherapi telah terbukti memiliki beragam kegunaan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkenaan dengan emosi dan perilaku. Hypnosis sangat berguna dalam mengatasi beragam kasus berkenaan dengan kecemasan, ketegangan, depresi, phobia dan dapat membantu untuk menghilangkan gagap bicara di depan umum. Dengan memberi sugesti, seseorang terapis dapat membangun berbagai kondisi emosional positif berkenaan dengan permasalahan public speaking.

Hipnoterapi dapat digunakan untuk mereduksi kecemasan yang mengambil alih kontrol individu atas dirinya. Hal ini dapat diwujudkan dengan menciptakan suatu gambaran nyata tentang kondisi yang menyebabkan gagap namun individu tetap dalam kondisi relax, sehingga membantu mereka untuk menyesuaikan ulang reaksi mereka pada kondisi yang menyebabkan gagap berbicara di depan umum menjadi normal dan respon yang lebih tenang.

Akupunktur/ Pijat Syaraf Gagap
Akupunktur maupun pijat syaraf gagap juga dapat membantu proses penyembuhan secara fisik. Akupunktur akan berfokus pada titik-titik akupunktur pada daerah mulut, wajah, leher, tengkuk dan jantung agar aliran darah di daerah tersebut dapat berfungsi dengan lancar sehingga ketika orang yang ingin berbicara di depan mampu mengeluarkan suara dengan baik dan jantung tidak berdebar-debar dan normal. 
Pijat syaraf  gagap akan berfokus pada daerah wajah dan leher. Pemijatan tersebut juga akan membantu pengobatan akupunktur dapat memperbaiki syaraf-syaraf gagap yang terganggu dan melancarkan aliran darah sehingga pada saat berbicara di depan umum, suara maupun konsentrasi dapat terjaga dengan baik. 
Pengobatan hipnoterapi, akupunktur maupun pijat syaraf merupakan pengobatan bantuan secara psikologis dan tradisional secara keseluruhan. Pengobatan tersebut dapat ditemukan sekaligus di pusat pengobatan "Accurate" Health Center Medan. 
"Accurate" Health Center Medan adalah pusat pengobatan terlengkap dalam segi psikologis maupun tradisional. Pengobatan psikologis tersebut berupa konsultasi psikologi, tes psikologi, hipnoterapi maupun psikoterapi untuk membantu pasien berkonsultasi dan menemukan solusi atas gagap berbicara di depan umum, sedangkan pengobatan tradisional  dapat membantu pasien dapat memperbaiki fungsi fisik, seperti terapi akupunktur, terapi pijat syaraf, terapi bekam, ramuan obat tradisional maupun fisioterapi. 
Pengobatan "Accurate" Health Center adalah pengobatan yang aman, tanpa efek samping dan alamiah. 
Hubungi "Accurate" Health Center untuk penangananya.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar