OLEH : SINSHE FUDIN PANG "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Jumat, 14 Oktober 2011

Terapi Akupunktur untuk Sakit Lutut / Tumit / Sendi

Osteoartritis (OA) lutut adalah penyakit degenerasi sendi lutut akibat kerusakan tulang rawan sendi lutut. Penyakit ini biasa terjadi pada seseorang dengan mobilitas yang tinggi atau pada penderita obesitas (kegemukan). Kondisi tersebut menyebabkan nyeri sendi dan terbatasnya fungsi sendi (kekakuan) lutut sehingga membuat seseorang mengalami penurunan kualitas hidup akibat terbatasnya gerakan sendi lutut.

Gangguan sakit sendi lutut seringkali membuat penderita tersiksa. Hal ini akibat penggumpalan lemak pada suatu jaringan. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh orang yang berbadan gemuk.Daerah lutut bagian belakangnya berupa lekuk, yang disebut lekuk lutut. Gangguan pada lekuk lutut adalah, apabila lapisan lemak pada bawah kulit lekuk lutut menebal dan kemungkinan mengeras. Hal ini dapat menyebabkan gerak sendi lutut terbatas, sehingga terasa sakit bila memindahkan posisi lutut, atau menekuk lutut. Keadaan ini dikenal dengan nama rifoma (sakit lutut). Rifoma mengganggu lutut daerah depan yaitu pada os patella dan legamentum patellae. Penyebab rifoma pada umunya ialah jaringan lemak yang menggumpal di bagian tertentu dan berisiko kontraksi pada otot sekitarnya.

Gejala sakit lutut juga dapat disebabkan oleh rem
atik dan pengapuran, bila sakit nyerinya berpindah pindah tempat dan sering kambuh ketika cuaca mendung (hujan) biasanya disebabkan oleh rematik, namun bila sakitnya menetap dibeberapa bagian persendian saja, biasanya disebabkan oleh pengapuran.

Pengapuran pada lutut merupakan salah satu tanda terjadinya osteoarthritis . Osteoartritis (OA) dikenali sebagai arthritis degenerative, gangguan yang terjadi seiring bertambahnya umur, terutama mengenai sendi yang menopang berat badan, seperti lutut, dan panggul, meski tak jarang juga terjadi pada tangan dan kaki.

Faktor Penyebab :

Usia dan Genetik dikatakan merupakan faktor resiko terjadinya OA.Rawan sendi menipis bersama pertambahan usia. Rawan sendi yang menipis menyebabkan gesekan antar tulang , menimbulkan nyeri dan terbatasnya gerak lutut. Gerakan berulang sendi lutut bertahun- tahun mengiritasi dan menyebabkan peradangan . Tulang rawan yang radang memicu terjadinya pertumbuhan tulang tidak pada tempatnya (spur/ perkapuran.) di sekitar sendi. OA juga sering ditemukan pada beberapa orang dalam suatu keluarga, sehingga faktor keturunan tak bisa dihindarkan.

Hal lain yang merupakan faktor resiko, mencakup kegemukan, jenis kelamin (perempuan cenderung lebih banyak terjadi ), trauma, kelemahan otot, sendi yang tidak stabil, meningkatnya pembebanan dinamik. Individu dengan obesitas cenderung mengalami OA lutut 300-400% . Sepatu yang terlalu tinggi, sempit, berat, alas sepatu (sol) yang keras dan kurang lentur , bisa menjadi penyebab.

Gejala

Nyeri dan kekakuan merupakan hal yang sering dikeluhkan. Nyeri sendi biasanya bersifat tumpul bedakan dengan nyeri yang tajam menusuk, sampaikan dengan jelas pada dokter. Sifat nyeri yang berbeda , akan memberikan diagnosa berbeda. Nyeri dirasakan setelah aktivitas berulang. Nyeri saat istirahat dapat terjadi , pada OA yang berat. Rawan sendi bisa hilang sama sekali, sehingga terjadi pergeseran antar tulang, yang berakibat keterbatasan gerakan persendian.

Kaku sendi, merupakan rasa seperti diikat yang biasanya singkat, tidak lebih dari setengah jam. Nyeri dan kekakuan sendi dapat juga timbul setelah bangun tidur, atau setelah duduk yang lama ( naik kereta api, nonton film).

Gejala lain pada OA lutut berupa bengkak , teraba hangat dan bunyi (creaking); bowleg , bila degenerasi tulang rawan sangat progresif; sedangkan bony enlargement sering menyertai terbentuknya perkapuran.

Gejala OA dirasakan bervariasi diantara individu yang terkena. Beberapa orang menjadi “cacat” karena gejalanya. Namun ada juga gejala yang dirasakan tidak sedramatis tampilan degenerasi sendi yang citra dari foto rotgen. Bahkan nyeri tidak selalu dirasakan, seringkali hilang timbul. Tak jarang ada masa bebas nyeri yang lama , hingga dalam hitungan tahun.

Penelitian pada akupunktur membuktikan bahwa akupunktur dapat memperbaiki dan meregenerasi kerusakan jaringan termasuk diantaranya kulit, otot, tendon, sendi dan syaraf, karena akupunktur dapat meningkatkan sirkulasi darah lokal, mengabsorbsi peradangan dan meningkatkan nutrisi serta metabolisme dan juga memperbaiki tulang rawan disekitar jaringan sendi yang rusak tanpa menyebabkan efek samping pada organ tubuh lain.

Accurate Health Center Medan merupakan pusat pengobatan tradisional, terutama di bidang pengobatan akupunktur yang berada di kota Medan akan membantu anda meringankan bahkan menyembuhkan penyakit lutut, dengkul, tumit secara tradisional, aman dan tanpa efek samping. Pengobatan akupunktur akan berhasil jika pasien rutin mengikuti jadwal akupunktur selama beberapa minggu pengobatan.

Accurate Health Center juga mempunyai pengobatan penunjang, seperti pijat pengobatan, refleksi kaki, terapi bekam, dsb. Ramuan obat-obatan juga termasuk bagian dari proses penyembuhan. Penyakit yang berkaitan dengan sakit lutut juga dapat diterapi, seperti kebas pada kaki, lumpuh, gangguan persendian, dsb.

Hubungi Accurate Health Center Medan untuk mendapatkan penangananya.

"Accurate"
Health Center
Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar